Minggu, 28 Oktober 2018

7 Cara Ini Bisa Jaga Kesehatan Mata Dari Silaunya Cahaya HP.

7 Cara Ini Bisa Jaga Kesehatan Mata Dari Silaunya Cahaya HP.
Taipan Asia
Taipan Asia | Penggunaan smartphone sudah melekat dengan keseharian kita. Namun tahukah Anda, bahwa cahaya biru dari Smartphone berbahaya bagi kesehatan mata kita? Penelitian dari Universitas Toledo mengatakan bahwa cahaya biru dari layar smartphone dapat menyebabkan kebutaan.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa cahaya biru menimbulkan reaksi toksik dalam molekul retina yang merasakan cahaya dan memberi sinyal pada otak. Dilansir Taipan Asia, ada beberapa cara mudah untuk menjaga mata dari silau cahaya smartphone.

1. Istirahatkan Mata Sejenak
Istirahat sejenak dari melihat layar smartphone setiap 20 menit untuk 20 detik. Lalu lihatlah sesuatu dengan jarak 20 kaki atau kurang lebih 6 meter. Dengan melakukan ini, otot mata akan menjadi rileks untuk beberapa saat dan memberikan istirahat pada mata kita.

2. Berkedip Sesering Mungkin
Ketika kita sedang berkonsentrasi terhadap layar smartphone, tingkat kedipan mata dapat menurun dan dapat menyebabkan kedua air mata kering. Jika seperti ini, mata dapat mengalami iritasi, kemerahan, rasa sakit, dan buramnya penglihatan.

Sering berkedip dapat menjaga mata kita tetap lembap dan mengurangi iritasi serta keringnya mata. Jadi pastikan untuk mengedipkan mata sekitar 10 kali setiap 20 menit.

3. Turunkan Tingkat Cahaya Smartphone
Layar yang silau dapat membuat mata lelah lebih cepat. Jadi pastikan bahwa telepon kita dilengkapi dengan kaca anti silau. Anda juga bisa mendownload aplikasi pengurang cahaya untuk mengurangi cahaya biru dari ponsel.

4. Pegang Smartphone Kita Lebih Jauh
Kebanyakan orang cenderung memegang smartphone sekitar 8 inchi atau sekitar 20 cm dari wajah. Ini tidak baik bagi kesehatan mata karena cahaya biru dapat memberikan berdampak pada mata kita.

Baiknya, pegang smartphone setidaknya 16 sampai 18 inchi atau sekitar 40 sampai 45 cm. Ini mungkin akan terasa aneh saat pertama kali dilakukan, namun secara bertahap kita akan terbiasa.

5. Matikan Hp Sebelum Tidur
Menurut National Sleep Foundation, cahaya biru dapat mempengaruhi tidur kita dengan menekan produksi dari hormon melatolin. Melatolin bermain sebagai kunci dalam regulasi lingkaran tidur dan produksinya dipengaruhi oleh deteksi dari cahaya biru pada smartphone kita.

Jadi setidaknya matikan selama 30 menit hp kita sebelum tidur.

6. Sesuaikan Kecerahan Dan Kontras Layar
Terlalu tinggi atau terlalu rendah cahaya hp dapat menyebabkan ketegangan pada mata dan membuat mata menjadi tidak nyaman. Jadi sesuaikan tingkat kecerahan dan kontras untuk mengurangi ketegangan mata sampai batas tertentu.

7. Percikkan Mata Dengan air
Memercikkan air ke mata akan menangkal semua iritasi dan mengurangi tingkat kekeringan pada mata. Ini juga menurunkan masalah seperti buramnya penglihatan mata dan membantu mata kita untuk lebih fokus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Membuat Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur.

Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Membuat Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur. Taipan Asia Taipan Asia | Secara teknis dan teo...