Senin, 11 Juni 2018

Jet Pribadi Kim Jong-un 'Hanya' Seharga Rp 1,2 Miliar.

Jet Pribadi Kim Jong-un 'Hanya' Seharga Rp 1,2 Miliar.
Taipan Asia
Taipan Asia | Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un hari ini berangkat ke Singapura untuk memenuhi jadwal pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dua hari lagi. Kim dilaporkan naik jet pribadi Ilyushin-62 dari Bandara Sunan, Pyongyang pagi tadi.

Pesawat buatan Uni Sovyet pada 1963 ini memiliki panjang 53 meter, sayap 43 meter, dengan kapasitas 200 penumpang dan kecepatan mengudara hingga maksimal 901 kilometer per jam. Namun khusus pesawat milik Kim ini hanya dia tumpangi beserta rombongan.

Dilansir dari laman Taipan Asia, Ilyushin-62 pertama kali dikenalkan ke publik pada 1962 dan setahun kemudian menjalani penerbangan perdana. Pesawat itu makin dikenal dan terus diproduksi hingga 1994.

Uni Sovyet dan Cekoslowakia pada waktu itu kemudian mengadaptasi menjadi pesawat jet pribadi sebelum runtuhnya Tembok Berlin pada 1989.

Model pesawat ini masih digunakan cukup luas termasuk oleh maskapai Rusia Aeroflot hingga 2008. Kini ongkos pemeliharaan Ilyushin-62 termasuk mahal dan sebuah apron di London menjualnya pada 2015.

Pesawat Ilyushin-62 buatan 1990 pada 2015 dijual seharga USD 100.000 atau setara Rp 1,3 miliar di Tucson, Arizona.

Pesawat sama buatan 1984 pernah masuk dalam daftar jual di Kazakhstan seharga USD 1 juta setara Rp 13 miliar.
Taipan Asia
Keberadaan jet pribadi Kim Jong-un ini terkuak bulan lalu ketika pemimpin Korut itu dan istrinya Ri Sol-ju berjalan di karpet merah naik menuju pesawat.

Kim sebelumnya diketahui hanya pernah sekali bepergian dengan pesawat sejak dia berkuasa pada 2011. Kim berangkat ke China naik jet pribadi Ilyushin-62 M ke Dalian, China Mei lalu diiringi pesawat kargo Ilyushin-76.

Jet Il-76 berangkat dari Pyongyang pagi tadi dan mendarat di Guangzhou sebelah selatan China sebelum terbang kembali kemungkinan kuat menuju Singapura.

Pesawat itu tidak akan bisa mengudara sejauh lebih dari 3.000 kilometer tanpa mengisi bahan bakar kembali jika muatannya penuh. Jet pribadi itu akan mendarat di suatu lokasi menuju Singapura yang berjarak 4.700 kilometer dari Bandara Sunan, Pyongyang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Membuat Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur.

Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Membuat Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur. Taipan Asia Taipan Asia | Secara teknis dan teo...