Kamis, 01 Maret 2018

Inilah 5 Cara Ampuh Berhenti Merokok

Inilah 5 Cara Ampuh Berhenti Merokok
99Taipan.com | Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online | Domino99
Merokok merupakan sebuah kebiasaan yang lebih banyak menimbulkan dampak negatif, terutama untuk kesehatan.

"Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin".

Itulah peringatan yang ada di semua bungkus rokok yang di produksi di Indonesia. Meski tulisan itu jelas ada di setiap bungkus rokok, ternyata tak berpengaruh dan nyatanya masih banyak jumlah perokok di Indonesia.

Akan tetapi ada juga beberapa dari mereka yang sebenarnya ingin mencoba berhenti melakukan kebiasan tak sehat itu. Meski menurut sebagian orang, berhenti merokok relatif sulit dilakukan.

Namun buat kamu yang serius ingin berhenti merokok, tak perlu khawatir, berikut ini cara-caranya. Dilansir dari 99Taipan.com. pada Jumat (2/3/2018), Ini adalah cara dan tahapan-tahapan agar kamu bisa berhenti merokok.

1. Motivasi
Motivasi dari dalam diri untuk berhemti merokok sangatlah penting. Pikirkan alasan kenapa kamu harus berhenti merokok. Kamu juga bisa menulis daftar kelebihan dan kekurangan merokok, berikut ini contohnya.

Kelebihan :
- Mudah bersosialisasi dengan perokok lainnya
- Merasa percaya diri dalam situasi sosial
- Kepuasan

Kekurangan :
- Mulut menjadi bau rokok
- Aroma tengik di rumah bahkan pakaian
- Efek kesehatan : sakit tenggorokan, batuk, sesak napas, tekanan darah tinggi, sakit maag.
- Efek pada penampilan : tampak 10 tahun lebih tua, gigi kuning, kuku kuning, bibir hitam.
- Biaya yang dikeluarkan untuk membeli rokok

2. Persiapkan
Simpan daftar kelebihan dan kekurangan merokok yang telah kamu tulis tadi. Bacalah daftar tersebut beberapa kali dalam sehari untuk memotivasimu berhenti merokok.

Bila perlu, tempel tulisan tersebut di tempat yang pastinya akan sering kamu lihat, seperti di dinding atau cermin kamar maupun di meja kerja dekat monitor. Pilihlah tanggal di mana kamu benar-benar ingin berhenti merokok dan menaatinya.

3. Memulai berhenti
Setelah tanggal yang kamu pilih tiba, istirahatlah dengan membuang semua rokok lalu menyingkirkan asbak dan korek api.

Saat itu kamu akan merasa kesulitan sebagai pecandu, yaitu merasa sulit berkonsentrasi, kelelahan, sakit kepala, nafsu makan meningkat, hingga insomnia.

4. Mengatasi Kecanduan
Untuk mengatasi kecanduan rokok, kamu bisa konsultasikan ke dokter agar dokter bisa memberikanmu beberapa resep obat yang bisa membantumu.

Kamu juga bisa mencoba mengunyah permen karet, menyikat gigi dan memutar video game untuk mengalihkan pikiranmu.

Jika kedua cara ini gagal, kamu bisa membaca kembali daftar kelebihan dan kekurangan merokok yang telah kamu tulis sebelumnya.

5. Mengatasi Kegagalan Candu
kamu harus ingat bahwa candu itu tak berlaku selamanya. Jika kamu terus semangat untuk berhenti merokok, dalam hitungan hari saja kamu akan terbebas dari kecanduan rokok. Jangan menyerah, semua orang pasti bisa berhenti merokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Membuat Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur.

Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Membuat Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur. Taipan Asia Taipan Asia | Secara teknis dan teo...