Kamis, 22 November 2018

Faktor Main Gadget dan Celana Ketat Bikin Sperma Pria Cuma Sedikit???

Faktor Main Gadget dan Celana Ketat Bikin Sperma Pria Cuma Sedikit???
Taipan Asia
Taipan Asia | Infertilitas atau ketidaksuburan bisa terjadi pada Dads maupun Moms. Khusus pada Dads, fertilitas ini bisa terjadi secara multifaktor mulai dari segi medis, lingkungan, hingga kebiasaan.

Infertilitas pada laki-laki inii bisa terjadi dalam beberapa bentuk, seperti :

- Produksi sperma rendah

- Fungsi sperma tidak normal

- Tidak ada sperma dalam air mani

Berbagai penyebab ketidaksuburan ini wajib dipahami dan diwaspadai bersama, khususnya dari segi faktor lingkungan dan kebiasaan.

Faktor lingkungan yang bisa memengaruhi dikaitkan dengan paparan panas, racun, dan bahan kimia yang bisa mengurangi jumlah sperma.

1. Terlalu lama terpapar bahan kimia menyebabkan jumlah sperma rendah.

2. Paparan logam berat seperti timbal juga menyebabkan infertilitas.

3. Sinar X atau radiasi. Paparan radiasi juga mengurangi jumlah sperma. Dengan dosis radiasi yang tinggi, produksi sperma dapat terganggu secara permanen.

Kebiasaan dan Gaya Hidup Berbagai kebiasaan dikaitkan dengan kemungkinan infertilitas yang lebih tinggi pada laki-laki. Inilah beberapa penyebabnya.

1. Stres berkepanjangan menyebabkan ketidakseimbangan hormon sehingga bisa mengurangi jumlah sperma. Sebaiknya Moms dan Dads selalu menyempatkan waktu untuk quality time bersama dan saling berkomunikasi agar stres bisa tertangani.

2. Obesitas, Pria yang kelebihan berat badan berisiko lebih tinggi mengalami infertilitas. Oleh karena itu mengontrol jumlah asupan makanan yang disertai dengan olahraga teratur penting untuk dilakukan.

3. Konsumsi alkohol. Jika pasangan Moms mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar, minta dia untuk mengurangi atau menghentikan asupan alkoholnya.

Alkohol diketahui menurunkan produksi sperma dalam tubuh. Penyakit hati yang disebabkan karena konsumsi alkohol yang berlebihan juga menyebabkan masalah kesuburan.

4. Obat-obatan seperti kokain dan ganja diketahui bisa menyebabkan ketidaksuburan dengan menyusutkan buah zakar. Kondisi inilah yang menyebabkan berkurangnya produksi sperma.

Selain itu obat-obatan yang menginduksi pertumbuhan dan stimulasi otot juga bisa mengganggu produksi sperma yang normal.

5. Tembakau Pria yang merokok lebih rentan terhadap infertilitas. Hal ini dikaitkan dengan banyaknya kandungan zat berbahaya yanh bisa meracuni tubuh, tak terkecuali kesuburan.

6. Terlalu sering menggunakan gadget. Peningkatan suhu bisa mengurangi produksi sperma, misalnya saja saat menggunakan gadget berlebihan.

Mengenakan celana ketat atau bekerja di laptop atau komputer untuk jangka waktu lama juga meningkatkan suhu skrotum dan mengurangi produksi sperma dalam jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Membuat Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur.

Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Membuat Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur. Taipan Asia Taipan Asia | Secara teknis dan teo...