Kamis, 11 Oktober 2018

yang Bukan Perokok, Awas! Ini 5 Penyebab Utama Kanker Paru-paru.

Yang Bukan Perokok, Awas! Ini 5 Penyebab Utama Kanker Paru-paru.
Taipan Asia
Taipan Asia | Istri Indro Warkop, Nita Octobijanthy meninggal dunia pada, Senin (9/10/2018) di Rumah Sakit MMC, Kuningan, Jakarta Selatan.

Ibu 3 anak ini meninggal di usia 59 tahun. Nita menghembuskan nafas terakhirnya usai berjuang melawan kanker paru-paru yang telah dideritanya beberapa tahun belakangan.

Kanker paru-paru bisa diderita oleh siapa saja, termasuk mereka yang bukan perokok aktif. Sementara merokok adalah penyebab kanker paru-paru yang tak terbantahkan.

Namun, tidak semua kasus kanker paru-paru terjadi pada perokok maupun mantan perokok. Dilansir Taipan Asia, Jumat (12/10/2018) setiap tahun, lebih dari 170 ribu orang Amerika mengidap penyakit ini.

Dan sekitar 10% atau 17 ribu kasus terjadi pada mereka yang bukan perokok. Meskipun tidak setiap perokok pasif berisiko menderita kanker paru-paru, tapi hal ini memiliki kemungkinan yang cukup besar.

Lantas, apa saja faktor penyebab penyakit kanker paru-paru?

1. Perokok Pasif
Menghirup asap tembakau dari orang yang merokok merupakan faktor risiko yang mendukung perkembangan sel kanker di paru-paru.

Perokok pasif yang tinggal dengan prokok memiliki peningkatan 24% dalam risiko untuk terjangkit kanker paru-paru. Setiap tahun, di Amerika Serikat, hingga 3000 kematian akibat kanker paru-paru terjadi pada perokok pasif.

2. Radon Gas
Gas ini terbentuk secara alami ketika uranium meluruh dan merupakan penyebab lain kanker paru-paru. Mereka yang terpapar radon memiliki risiko lebih besar terkena kanker.

Gas jenis ini biasanya ada di tanah dan bisa memasuki rumah melalui celah di pipa dan saluran air. Gas radon tidak terlihat dan tidak berbau, tapi dapat dideteksi dengan alat ters sederhana.

3. Asbes
Ini adalah senyawa yang banyak digunakan sebagai bahan isolasi termal dan akustik. Serat mikroskopis dari asbes yang terlepas ke udara bisa terhirup dan masuk ke paru-paru.

Serat asbes dapat bertahan seumur hidup di jaringan paru-paru. So, para pekerja asbes yang tidak merokok memiliki risiko besar bisa terkena kanker paru-paru.

4. Keturunan
Selain merokok, faktor lain yang tak bisa dihilangkan adalah genetik individu. Sejumlah penelitian menunjukkan jika kanker paru-paru lebih mungkin terjadi pada mereka yang punya kerabat penderita kanker.

5. Polusi Udara
Polusi ini bisa didapatkan dari kendaraan, industri, dan pembangkit listrik. Diperkirakan hingga 2000 kematian akibat kanker paru-paru per tahun disebabkan oleh pernapasan udara yang tercemar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Membuat Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur.

Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Membuat Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur. Taipan Asia Taipan Asia | Secara teknis dan teo...