Kamis, 01 November 2018

6 Tips Agar Kulkas Jadi Hemat Listrik.

6 Tips Agar Kulkas Jadi Hemat Listrik.
Taipan Asia
Taipan Asia | Hemat energi adalah soal kebiasaan dalam perilaku keseharian kita saat di rumah. Kendati lemari es kita sudah hemat energi, akan percuma bila perilaku kita cenderung membuat konsumsi energi meningkat.

Beberapa kiat berikut bisa kita coba agar lemari es tidak boros energi:

1. Cara Meletakan Yang Tepat
Hindari meletakkan lemari es di tempat yang langsung terkena sinar matahari atau dekat barang yang menghasilkan panas, seperti kompor, oven, atau microwave.

Berikan jarak minimal 15 cm dari dinding, atau sesuai buku petunjuk, karena lemari es memerlukan ruang untuk udara panas yang keluar.

2. Jangan Buka Pintu Kulkas Terlalu Sering
Biasakan tidak berlama-lama membuka pintu lemari es. Ketika pintu lemari es dibuka, akan terjadi lonjakan daya yang digunakan oleh lemari es.

Setiap 30 detik pintu lemari es dibiarkan terbuka, lemari es membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk kembali pada suhu semula. Proses pengembalian ini memakan daya listrik cukup besar.

3. Gunakan Suhu Ideal
Atur lemari es di suhu ideal, yaitu 2-4 derajat Celcius untuk lemari pendingin dan 15 derajat Celcius untuk freezer. Semakin dingin temperatur lemari es tentunya semakin lama kompressor bekerja sehingga konsumsi energi listrik semakin besar.

Suhu ideal untuk penggunaan lemari es agar hemat adalah antara 70-80 persen. Apabila tidak terlalu dipakai, usahakan atur suhu minimum.

4.Rawat lemari es Anda
Ganti seal atau karet pada pinggiran pintu lemari es apabila sudah longgar atau rusak. Seal yang tidak rapat seringkali merupakan salah satu penyebab lemari es sulit dingin, karena udara dingin justru terbuang ke luar sehingga suhu justru tidak terjaga.

5. Isi Lemari Es Sesuai Dengan Kapasitasnya.
Penyimpanan berlebih pada lemari es akan menutup jalur aliran udara dingin yang nantinya akan mengganggu sirkulasi udara.

Pada akhirnya lemari es akan bekerja lebih berat untuk mencapai suhu yang telah diatur dan bisa jadi malah bikin rusak kulkas.

6. Jangan Membiarkan Lemari Es Kosong.
Lemari es yang kosong nyatanya membutuhkan daya listrik yang lebih besar. Maksimalkan volume lemari es, namun tidak berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Membuat Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur.

Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Membuat Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur. Taipan Asia Taipan Asia | Secara teknis dan teo...