Kamis, 25 Oktober 2018

Yuk Kenali 4 Gejala Busi Motor Yang Sudah Minta Diganti.

Yuk Kenali 4 Gejala Busi Motor Yang Sudah Minta Diganti.
Taipan Asia
Taipan Asia | Kondisi busi mau diganti enggak harus dilihat dari celah elektroda dan ground-nya. Kita sebagai bikers sebenarnya bisa merasakan gejalanya saat motor digunakan. Makanya, sebelum mogok di jalan yuk kenali gejala busi yang sudah minta diganti.

Susah Start
Gejala pertama yang bisa dikenali adalah susah starter motor saat pertama dihidupkan. Gejala ini bisa dirasakan pada pagi hari sebelum kamu beraktivitas.

Susah Langsam
Gejala busi minta ganti bisa dirasakan pada saat langsam atau saat motor stasioner. Maklum, karena percikan api enggak maksimal akibat ground dan elektroda sudah tertutup kotoran. Bahkan, kalau sudah parah bentuk elektrodanya bisa rusak.

Akselerasi Motor Menurun
Kemudian indikasi busi minta diganti bisa dirasakan pada saat akselerasi motor yang menurun akibat perubahan gap busi.

"Busi yang sudah lama tidak diganti biasanya ada perubahan celah atau gap." Celah yang dimaksud adalah celah antara elektroda dan groudnya.

"Misalnya yang tadinya celah 0,9 Mm karena lama enggak diganti naik 1,1 Mm." Menurut yang dilansir Taipan Asia ada masalah yang ditimbulkan akibatnya berubahnya celah di busi.

"Busi enggak akan mengalirkan listrik diantara dua elektroda."

"Yang ada aliran listrik akan mengalir ke samping atau biasa disebut dengan Missfire."

Nah akibat busi yang mempercikan listrik atau api enggak stabil (Missfire) menyebabkan pembakaran motor jadi enggak sempurna.

Boros Bahan Bakar
Gejala missfire yang ditimbulkan akibat busi mau mati mempengaruhi konsumsi bahan bakar motor kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Membuat Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur.

Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Membuat Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur. Taipan Asia Taipan Asia | Secara teknis dan teo...