Minggu, 21 Oktober 2018

6 Penyebab Bangun Tidur Tubuh Terasa Lelah.!

6 Penyebab Bangun Tidur Tubuh Terasa Lelah.!
Taipan Asia
Taipan Asia | Pernah merasa tubuh terasa lelah saat baru saja bangun tidur? Terkadang, tubuh terasa lelah saat bangun tidur walau sudah beristirahat semalaman.

Ada berbagai alasan yang membuat tubuh terasa lelah setiap kamu bangun tidur. Simak 6 alasan badan yang lelah saat bangun tidur yang dilansir Taipan Asia.

1. Menatap Layar Elektronik Sebelum Tidur
Layak elektronik seperti televisi, komputer, dan ponsel pintar kamu, dapat menjadi alasan badanmu terasa lelah saat bangun.

Cahaya dari layar elektronik dapat mengganggu kadar hormon melatonin di tubuh kamu. Apa itu melatonin?

Melatonin adalah hormon yang mengatur waktu tidur kita. Jadi, cobalah ganti aktivitas sebelum tidur kamu dengan membaca buku.

2. Tidak Ada Cahaya Saat Bangun Tidur
Memang nikmat ketika kita tidur dalam keadaan gelap. Namun saat bangun, hal ini menjadi kebalikannya. Tubuh akan terasa lelah jika tidak terpapar cahaya pagi saat bangun.

Tubuh kita menginginkan cahaya untuk menormalkan ritme sirkadian atau waktu biologis 24 jam kita. Ketika tubuh terpapar cahaya pagi, maka waktu biologis kamu akan mulai dengan sendirinya dan dan membuat kamu lebih terasa lebih enerjik.

3. Meminum Kopi di Siang Hari
Penelitian mengatakan, meminum kopi setelah pukul 2 siang, dapat mempengaruhi waktu tidur tubuh. Kandungan kafein pada kopi, dapat mengganggu kualitas dan kuantitas tidur kamu.

4. Waktu Tidur yang Berubah-ubah
Dilansir Taipan Asia, waktu tidur yang berubah-ubah setiap malam dapat mengganggu siklus tidur. Sebaiknya, kamu harus tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya.

5. Makan Sebelum Tidur
Makan sebelum tidur memang nikmat di lidah. Namun tidak untuk perut kamu. Saat tidur, sistem pencernaan tubuh seharusnya beristirahat.

Ketika kamu memutuskan untuk makan sebelum tidur, maka perut yang harusnya beristirahat, malah harus bekerja memproses makanan yang kamu makan itu. Hasilnya, tubuh kamu akan terasa lelah dipagi hari.

6. Stres
Tentu saja tekanan psikologis seperti stres akan berpengaruh. Tak hanya mengganggu waktu tidurmu, stres akan membuat tubuhmu lebih lelah dari biasanya.

Itu 6 alasan mengapa tubuhmu terasa lelah saat bangun tidur. Perilaku sebelum tidur akan mempengaruhi kesehatan kita saat bangun di pagi hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Membuat Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur.

Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Membuat Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur. Taipan Asia Taipan Asia | Secara teknis dan teo...